DERO.NGAWIKAB.ID – Dalam pelajaran Pencak Silat, didalamnya terdapat unsur – unsur seni olah raga dan seni beladiri. Karena itu belajar ( mempelajari ) Pencak Silat seseorang tersebut akan sehat jasmaninya ( kuat ) maupun rohaninya dengan berpedoman ” Mens Sana Incorporesano ” ( didalam tubuh yang sehat bersemayam jiwa yang kuat ) sehat lahir maupun batin, karena itu orang tersebut cenderung berbudi luhur.

Baca Juga :

Orang lemah tidak sama dengan orang yang kuat, sebab orang yang lemah jasmani maupun rohaninya cenderung menjadi orang yang pengecut dan munafik, sebaliknya orang yang kuat luar dalamnya ( lahir batinnya) cenderung berbuat baik atau yang disebut manusia yang berbudi luhur.

Seseorang bisa berdosa tanpa berbuat apa – apa, artinya seseorang memiliki sesuatu kemampuan atau ilmu yang di ridhoi Allah SWT, tetapi tidak digunakan ( dimanfaatkan ) apalagi di amalkan.

Manusia diciptakan Allah SWT, adalah mengemban amanat, diantaranya untuk berbhakti kepada sang pencipta yakni Allah SWT. Bersyukurlah kita diciptakan begitu sempurna. Manusia diberi Panca Indra yang baik dan sempurna, mempunyai Ruh dan Jasad, diberi otak dan akal, dibandingkan dengan makhluk – makhluk lainnya. Binatang mempunyai jasad dan nafsu tetapi tidak mempunyai akal, Malaikat, Jin dan lainnya hanya mempunyai ruh saja, sedangkan ruh ada yang baik dan ada yang tidak baik, ruh yang baik ialah ruh Malaikat, ruh yang tidak baik ialah Jin dan Syaitan. Dengan kebenarannya, manusia ini harus selalu bersyukur kepada sang pencipta / kholiq, yakni Allah SWT.

Suatu contoh, Wejangan/pitutur luhur kepada siswa PSHT

Manusia harus selalu menghubungkan diri secara vertikal kepada Allah SWT ( Hablumminallah ), dan horisontal yaitu harus selalu menghubungkan diri dengan sesamanya ( Hablumminannas ), saling sayang menyayangi ialah yang disebut manusia yang berbudi luhur yang tahu benar dan salah.

Itulah sedikit wawasan mengenai ” Mendidik Manusia Berbudi Luhur Lewat Pelajaran Pencak Silat ” yang dapat saya bagikan untuk Saudara dimanapun berada. Silahkan dapat Saudara bagikan kepada yang lainnya sekedar untuk berbagi dan menambah wawasan.

Sekian dan terimakasih.🙏🙏Semoga Bermanfaat 🙏🙏

Baca Juga :

Manfaat Luar Biasa dari Jamu Tradisional Dan Cara Pengelolahanya