DERO.NGAWIKAB.ID – Dalam rangka penyusunan Peraturan Desa tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa) Tahun Anggaran 2021, Bertempat di Aula Kantor Desa Senin (11/01) Pemerintah Desa dan BPD melaksanakan Pra Musyawarah Desa Penyusunan Rancangan APBDesa TA. 2021. Kegiatan bertujuan persiapan untuk mempermudah musyawarah RKPDes yang akan di laksanakan pada hari Rabu 13 Januari 2021.

Turut hadir dalam kegiatan pra musdes tersebut, Kepala Desa Dero serta Perangkat Desa, BPD berserta anggota, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Dero dan Pendamping PKH.

Mengingat Januari semua Rab (Rancangan Anggaran Belanja) harus selesai kini Kepala desa mengajak Elemen Desa Dero untuk konsolidasi agar acara sebelum Musdes sudah mempersiapkan segala hal yang akan di Anggarkan dari ADD DD tahun 2021.

Pada kesempatan tersebut kepala Desa Dero, Ariyadi mempresentasikan Rancangan APB Desa Tahun Anggaran 2021, mulai dari Pendapatan yang terdiri dari Pendapatan Asli Desa, Pendapatan Transfer dan Pendapatan Lain-lain Yang Sah. Belanja Desa yang terdiri dari Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Desa, Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa, Bidang Pembinaan Kemasyarakatan, Bidang Pemberdayaan Masyarakat, dan Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat dan Mendesak Desa. Dan Pembiayaan yang terdiri dari Pendapatan Pembiayaan dan Pengeluaran Pembiayaan.

Selanjutnya diadakan sesi tanya jawab dari BPD, jika ada yang kurang pas atau belum sesuai dengan RKP Desa. Dari anggota BPD ada yang minta penjelasan, dari Kepala Desa, Sekdes maupun Bendahara Desa langsung menanggapi semua pertanyaan dari BPD.

Dan pada akhirnya BPD bisa menerima Rancangan APB Desa Tahun Anggaran 2021, akan dipaparkan dan dimusdeskan dengan lembaga desa, maupun tokoh masyarakat.

Baca Juga : Forkompimcam Bringin Ikuti Vidcon Dengan Bupati Ngawi Tentang PPKM, Ini Hasilnya