DERO.NGAWIKAB.ID – Bagi masyarakat Jawa, nasi pecel sudah menjadi menu sehari-hari sejak lama. Nasi pecel atau sego pecel terdiri dari nasi putih hangat dan sayuran rebus segar yang disiram dengan kuah kacang. Jenis sayurannya antara lain bayam, kangkung, tauge, kacang panjang, kecipir, dan timun.

Sambalnya berupa kacang tanah sangrai yang ditumbuk bersama bumbu lain seperti kencur, bawang putih, asam Jawa, gula merah, dan garam. Hidangan pelengkap nasi pecel di antaranya tempe dan tahu goreng, tempe mendoan, rempeyek kacang atau kedelai, kerupuk gendar, mie goreng, bakwan sayur, dan telur mata sapi.

Berita Terkait : MENILIK NASI PECEL MBAK TITIK DERO YANG MERUPAKAN IDOLA KULINER PEMANCING MANIA WADUK PONDOK

Dikalangan masyarakat Jawa Timur bagian barat, Pecel merupakan kuliner yang benar-benar merakyat. Tidak hanya rasanya yang enak dan khas, pecel juga dikenal dengan harganya yang murah.

Sampai saat ini belum jelas, entah dari daerah mana pecel ini berasal. Namun masakan Pecel menjadi kuliner favorit di karasidenan Madiun.

Seperti di Kabupaten Ngawi, Pecel dikolaborasikan dengan Tumpang atau Lethok dan biasa disebut Pecel Lethok. Masakan Pecel Lethok merupakan kombinasi Pecel dicampur sayur Tempe pedas sebagai pelengkap nasi.

Beda dengan pecel, untuk Pecel Lethok memang menjadi masakan khas dari Kabupaten Ngawi dan sangat populer di kalangan masyarakat.

Untuk mendapatkan kuliner pecel di Kabupaten Ngawi, masyarakat tidak perlu susah. Pecel tersedia di setiap desa dan cukup bervariasi dalam penghidangannya.

Dalam jajaran kuliner di Kabupaten Ngawi, Pecel menempati urutan atas menu favorit. Selain rasanya yang enak, harganya juga ramah dikantong.

Baca Juga :

Ini Beberapa Manfaat minum air jeruk nipis untuk kesehatan tubuh