DERO.NGAWIKAB.ID – Persaudaraan Setia Hati Terate ( PSHT ), berdiri pada tahun 1922 di pilangbangu Madiun yang didirikan oleh Ki Hadjar Hardjo Oetomo merupakan organisasi pencak silat yang mempunyai tujuan membentuk manusia berbudi luhur tahu benar dan salah, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam jalinan persaudaraan kekal abadi.

Persaudaraan yang diyakini dan dianut oleh SH Terate adalah persaudaraan yang tulus dengan didasari rasa saling sayang menyayangi, hormat menghormati dan bertanggung jawab. Persaudaraan yang tidak memandang siapa aku dan siapa kamu, tidak dilandasi hegemoni keduniawian, seperti derajat, pangkat dan martabat, juga bukan persaudaraan yang dibatasi suku, ras, agama dan antar golongan.

Berita Terkait : SAMBUT TAHUN BARU 2021, PSHT RANTING BRINGIN GELAR DO’A BERSAMA

Seperti, Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), Ranting Bringin, untuk menguatkan rasa persaudaraan antar warga agar lebih kompak, guyub rukun dan satu komando PSHT Ranting Bringin Cabang Ngawi Pusat Madiun, melaksanakan kegiatan turba atau turun ke rayon-rayon di wilayah Kecamatan Bringin.

Kegiatan turun ke Sub Rayon Boto Desa Legowetan Kecamatan Bringin. Walaupun gerimis rintik-rintik Kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan tiada halangan suatu apapun. Sabtu ( 2/1).

Kegiatan ini langsung di pimpin oleh Ketua Ranting Sukiman yang juga merupakan Sekdes Dero dan di dampingi pengurus ranting yang juga merupakan pelatih Ranting Bringin Suparno ( Kasun Tegal Duwur Desa Dero).

Baca Juga : Gubernur Khofifah Positif Covid-19, Mohon Doa Kesembuhan Masyarakat Jatim

Dihadiri 40 Warga PSHT

Sukiman, selaku Ketua Ranting Bringin menjelaskan kepada sekitar 40 an anggota warga yang hadir mengenai perkembangan PSHT saat ini. Ia berpesan agar warga SH terate harus tau akan perjalanan dan perkembangan SH Terate dan tidak lupa asal usul atau sejarah perjalanan sh serta jangan percaya berita hoax apalagi plintiran masalah perkembangan SH Terate.

“Agar dalam menjalani hidup tidak lupa pada ajaran budi luhur sh terate, mengamalkan Catur Bhakti dan selalu mengutamakan Persaudaraan, Guyub Rukun dan tidak neko-neko,” Ucapnya

Lanjut Sukiman, “Anggota warga SH Terate harus loyal terhadap PSHT Pusat Madiun serta sebagai warga SH terate jangan sampai mangrotingal atau mendua serta ingat akan sumpah yang pernah diucapkanya serta ingat akan jalanya hukum alam dalam kehidupan ini serta ikut Memayu Hayuning Bawono,” pungkas Sukiman