DERO.NGAWIKAB.ID – Dengan kawalan ketat anggota Brimob, Vaksin Sinovac tiba di Kabupaten Ngawi ,Selasa, (26/1), dari Dinas Kesehatan Jawa Timur, sekitar pukul 19.30 WIB.

Kendaraan pengangkut vaksin langsung diarahkan ke gudang penyimpanan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Ngawi Jalan Ronggowarsito.

Seperti di lansir dari laman website resmi RMOLJATIM , Endah Pratiwi selaku Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi, mengungkapkan, pada tahap pertama termin kedua saat ini telah menerima 2.680 dosis atau vial Vaksin Sinovac. Jumlah tersebut bagian jatah 7.010 dosis vaksin yang diterima Kabupaten Ngawi.

“Malam ini kita telah menerima vaksin (Sinovac-red) tahap pertama termin kedua. Sedangkan sisanya sejumlah 4.330 vial Vaksin Sinovac akan diterima pada tahap kedua besok Jum’at (29 Januari 2021-red) sesuai alokasi di Kabupaten Ngawi,” kata Endah Pratiwi, Selasa, (26/1).

Sesuai jadwalnya, Rabu, (27/1), secara seremoni akan dilakukan vaksinasi kepada 10 orang kategori VVIP di Pendopo Wedya Graha Kabupaten Ngawi. Di hari yang sama, beber Endah, langsung dilakukan pendistribusian ke 24 Puskesmas agar di hari berikutnya bisa memvaksinasi ke tenaga kesehatanya masing-masing.

“Setelah itu pendistribusian vaksin dilakukan lagi ke tiga rumah sakit yang ada di Ngawi. Agar vaksinasi bisa secepatnya dilakukan ke nakesnya masing-masing,” bebernya. 

Ia menjelaskan, untuk tenaga vaksinasi dari 27 fasilitas kesehatan dalam hal ini melibatkan sebanyak 134 orang. Dimana jumlah itu setiap fasilitas kesehatan akan diterjunkan 5 orang. Untuk diketahui, sasaran vaksinasi tahap awal antara lain tenaga medis, tokoh masyarakat dan pejabat publik dengan resiko tinggi.

Baca Juga :

Gus Menteri: Penggunaan DD Harus Mengacu SDGs Desa