DERO.NGAWIKAB.ID – Sayuran hijau yang sering Anda konsumsi setiap harinya memiliki kandungan Gizi dan berbagai nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh anda.

Namun, terkadang kandungan tersebut malah hilang karena teknik memasak/ pengolahan yang dilakukan kurang tepat sehingga Anda hanya memakan fisik sayuran dan gizinya hilang.

Baca Juga: INGIN PADI TIDAK MUDAH ROBOH, INI CARA YANG PERLU KAMU KETAHUI

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara memasak sayuran agar gizinya tidak hilang. Berikut cara memasak dan sayuran nya :

  • Wortel

Wortel utuh biasanya dimasak selama kurang lebih 3-5 menit, sedangkan wortel tua akan lebih lama, yakni 4-8 menit. Bila wortel direbus, sebaiknya air rebus jangan dibuang.

Namun, dimanfaatkan menjadi sup, saus dan semacamnya. Untuk menjaga warna wortel, pemasakan sebaiknya menggunakan wadah tertutup dan meneteskan air cuka ke air rebusan.

  • Labu siam

Labu siam biasanya dimasak dengan dikukus atau direbus, meskipun labu siam bisa dibakar atau dipanggang. Labu siam juga nikmat jika ditumis bersama dengan jenis bumbu lainnya.

Namun, hal yang jarang dilakukan adalah menggoreng labu siam.

  • Toge

Toge biasanya direbus dalam waktu yang singkat, hanya 3-5 menit saja. Bahkan, toge bisa direbus hanya 1 menit. Namun, toge yang dikukus sebaiknya dilakukan selama 5-7 menit.

Jika ingin mendapatkan toge menjadi lalap matang, sebaiknya dikukus agar toge tidak berair dan lembek.

  • Oyong

Oyong bisa dimasak dengan perebusan, pengukusan, dan penumisan. Penumisan merupakan teknik masak yang paling sering digunakan.

Oyong tidak bisa dimasak terlalu lama, hanya 5-10 menit sudah cukup, bergantung pada tingkat kemudaan oyong.

  • Lobak

Cara memasak sayuran Lobak biasanya dimasak dengan perebusan, pengukusan, dan penumisan.

Lobak biasanya diolah bersama dengan daging sapi, ayam, ikan, udang, dan bahan masakan lainnya. Lobak juga bisa dimasak dengan sayuran lainnya.

  • Kembang kol

Biasanya kembang kol dimasak dengan cara direbus, dikukus, atau ditumis. Jika Anda ingin mengolah secara utuh, gunakanlah teknik pengukusan selama 5-10 menit.

Sementara, pengolahan yang dilakukan dengan microwave hanya cukup membutuhkan waktu selama 4 menit.

  • Kubis

Kubis bisa dimasak dengan direbus, tumis, dan dibakar. Memasak kubis tidak bisa dilakukan dalam waktu yang lama karena akan mengeluarkan bau dan rasa yang tidak enak.

Anda bisa mengurangi bau yang dikeluarkan kubis dengan memasukkan biji kenari ke masakan untuk meredam bau tersebut.

  • Pare

Memasak pare membutuhkan wadah tertutup agar waktu pemasakan lebih singkat untuk mendapatkan pare yang lebih empuk.

Pare biasanya dimasak dengan cara dikukus, direbus, digoreng, ditumis, dan dibakar.

Baca Juga, Pos Berita Sebelumnya:

Capai 11.478 Ucapan, Mbah Kung Kanang Terima Penghargaan Dari LEPRID