DERO.NGAWIKAB.ID – Upaya tanggap bencana di Kabupaten Ngawi mendapat dukungan dan perhatian dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Terutama dukungan peralatan penunjang penanggulangan bencana.

Terbukti pada Sabtu (13/10/2021) siang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menerima bantuan satu unit mobil operasional rescue dari Direktorat Logistik BNPB.

Penyerahan mobil bantuan jenis double cabin Mitsubishi Triton itu dilaksanakan di halaman kantor BPBD Ngawi.

Bantuan kendaraan operasional itu diserahkan langsung oleh Direktur Optimasi Jaringan Logistik dan Peralatan BNPB, Ir. Ibnu Asur, MM kepada Kepala BPBD Ngawi, Prila Yuda Putra. Penyerahan bantuan mobil operasional itu melalui anggota DPR RI Komisi VIII Dapil Jatim VII Partai PDI Perjuangan, Ina Ammania.

“Ke depan mobil rescue dari BNPB bisa digunakan BPBD untuk penanggulangan bencana di Ngawi maupun kabupaten sekitar,” ujar Ibnu Asur, MM Direktur Optimasi Jaringan Logistik dan Peralatan BNPB

Lebih lanjut Ibnu menjelaskan mobil operasional rescue yang diserahkan memiliki keunggulan mampu menjangkau medan yang cukup sulit di daerah bencana. Seperti kondisi medan tanjakan maupun berlumpur. Mobil juga dilengkapi alat pengaman operasional maupun GPS.

BNPB meminta BPBD Kabupaten Ngawi untuk merawat kendaraan operasional dengan baik agar jika sewaktu-waktu dibutuhkan bisa digunakan. Selain itu harus ada ketersediaan biaya operasional maupun pemeliharaan kendaraan.

“Wilayah yang sulit dijangkau kendaraan biasa, bisa dilewati mudah oleh mobil ini,” tegas Ibnu Asur.

Baca Juga: Lansia dan Kelompok Komorbid Bisa Divaksinasi COVID-19, Berikut Ketentuan dari Kemenkes

Kepala BPBD Ngawi Prila Yuda Putra dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada BNPB atas bantuan mobil operasional rescue yang diberikan. Terlebih kendaraan operasional yang ada kini telah berusia lebih sembilan tahun.

Selain itu, ia juga menyampaikan mobil operasional rescue yang baru akan membantu lebih sigap lagi terkait ancaman bencana alam seperti tanah longsor, banjir dan angin puting beliung terutama di daerah medan sulit.

“Begitu ada kejadian bencana, mobil rescue bisa bergerak cepat tanpa kendala menuju lokasi,” tegas Prila Yuda Putra.

Sementara itu anggota DPR RI Komisi VIII Dapil Jatim VII Partai PDI Perjuangan, Ina Ammania yang berkesempatan mencoba mobil rescue itu mengakui akselerasi kendaraan cukup bagus. Hanya saja, Ina tetap meminta untuk memperhatikan servis secara berkala.

“Akselerasi kendaraan cukup bagus, terlebih untuk lokasi bencana yang butuh kecepatan,” Pungkasnya