DERO.NGAWIKAB.ID – Salah satu kebudayaan yang menjadi identitas masyarakat desa adalah kerja bakti. Kegiatan ini biasanya dilakukan masyarakat sekitar secara bersama-sama, dengan tujuan melakukan kegiatan tertentu salah satunya adalah kerja bakti bertujuan untuk membangun infrastruktur atau membersihkan lingkungan sekitar yang dilaksanakan secara gotong royong.

Di Desa Dero khususnya kerja bakti masih sering dilaksanakan meskipun dalam pelaksanaanya belum rutin tiap minggu atau tiap bulan, seperti membangun rabat jalan, membersihkan jalan ataupun lingkungan sekitar, membersihkan saluran irigasi dan kegiatan kegiatan lainnya.

Berita Terkait: CIPTAKAN LINGKUNGAN YANG SEHAT DAN BERSIH, WARGA DESA DERO LAKSANAKAN KERJA BAKTI

Bertepatan hari Jum’at, 19 Februari 2021 perangkat desa Dero, bersama dengan Bhabinkmtibmas dan Babinsa melakukan kegiatan kerja bakti membersihkan rumput sekitar lapangan desa Dero.

Kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar lapangan desa Dero dilakukan untuk menciptakan lingkungan lapangan yang sehat, bebas dari kotoran, sampah dan rumput, pohon yang sudah rimbun. Dengan lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang berbagai penyakit. Kebersihan lapangan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, keindahan dan keasrian lapangan.

Ariyadi sedang membersihkan rumput

Kepala Desa Dero, Ariyadi mengatakan,

“Tujuan kerja bakti ini adalah membersihkan lingkungan sekitar lapangan Desa agar selalu asri dan nyaman bagi kita semua, Karena di musim hujan seperti ini banyak penyakit yang timbul, sehingga dengan mengadakan kegiatan seperti ini, sedikit tidaknya kita bersama-sama mengurangi sumber penyakit dari lingkungan yang kotor,”Ucapnya

Ariyadi menambahkan “Selain untuk menjaga kebersihan, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan contoh pada masyarakat, agar budaya kerja bakti terus bisa dilestarikan,” jelasnya.

Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB. Dengan penuh semangat perangkat desa Dero, Bhabinkmtibmas dan Babinsa Dero membersihkan rumput di sepanjang keliling lapangan desa Dero.

Baca Juga, Pos Berita Sebelumnya: Begini Cara Memasak Sayuran Agar Gizinya tidak hilang