DERO.NGAWIKAB.ID – Pelatihan peningkatan kapasitas operator website desa di Kabupaten Ngawi mulai menunjukkan hasil positif dalam beberapa bulan terakhir. Itu dapat dilihat dari grafik naik keaktifan operator website dalam posting berita.

Peningkatan keaktifan website desa itu tidak lepas dari motifasi pengurus Forum Operator Website Desa (Forwebsa) bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Ngawi ke operator pada setiap kesempatan.

Berita Terkait: Seratus Persen Aktif, Operator Website di Bringin Mendapat Pelatihan Khusus.

Disadari, pengelolaan website desa tidak semudah yang dibayangkan, karena memiliki tingkat kesulitan tinggi. Sehingga, operator yang tidak memiliki dasar penulisan perlu mendapat pendampingan khusus dan dilakukan secara berulang.

Di balik sulitnya mengelola informasi, perjalan website desa di Kabupaten Ngawi mulai menemukan titik terang. Capaian keaktifan 123 desa pada Januari 2021 lalu cukup mengindikasikan keberhasilan, sekalipun masih perlu kerja keras untuk target 90%.

Bagi Diskominfo maupun Forwebsa, target 90% dari 213 desa dan 4 kelurahan bukan hal yang mustahil. Hanya saja masih perlu kerja keras.

Optimisme tercapai target 90% juga diperkuat dengan respon operator website desa yang memiliki semangat tinggi untuk belajar. Tidak hanya operator lama, bahkan desa yang memutuskan mengganti dengan operator baru juga menunjukkan trend positif.

Selain itu, beberapa kali pelatihan dari Diskominfo maupun Forwebsa berperan dalam meningkatan kapasitas dan kekompakan operator website desa. Dengan kapasitas dan kekompakan inilah, rasa optimis target 90% atau bahkan 100% tercapai.

Baca Juga, Pos Berita Sebelumnya:

Kapolres Ngawi Berikan Penghargaan Kepada Anggotanya Yang Berprestasi