DERO.NGAWIKAB.ID – Tak Kenal Lelah, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Ngawi dan Forwebsa kembali menggelar pelatihan. Kamis, (18/2).

Pelatihan kali ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Kedungprahu kepada operator website desa di wilayah Kecamatan Padas dan merupakan tindak lanjut kunjungan Diskominfo bersama Forwebsa di Kantor Camat Padas beberapa waktu lalu.

Berita terkait:

Hadir dalam pelatihan, Sunarto (Kepala Desa Kedungprahu), Dodi Aprilasetia (Camat Padas), Noor Soemadijo (Kasi Pengembangan Ekosistem Diskominfo Kabupaten Ngawi), Ketua Forwebsa dan operator website desa se-Kecamatan Padas.

Sunarto, Kepala Desa Kedungprahu dalam sambutannya memberikan dukungan dan motivasi kepada peserta yang sebagian besar perangkat desa, untuk aktif, inovatif dan kreatif.

“Di era digital seperti ini, sebagai perangkat desa harus mempunyai inovasi yang berbeda, aktif dan kreatif juga dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat,” kata Sunarto.

Hal senada juga disampaikan, Camat Padas, Dodi Aprilasetia yang dalam sambutannya mengapresiasi langkah-langkah yang diambil Diskominfo dalam pengaktifan kembali website desa di wilayahnya.

Sementara Kasi Pengembangan Ekosistem Diskominfo, Noor Soemadijo dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Camat Padas dan juga Kepala Desa Kedungprahu yang telah memfasilitasi kegiatan pelatihan, ia juga menyebutkan informasi yang disajikan melalui website desa adalah bagian dari transparansi publik pada penyelenggaraan pemerintahan di desa. Dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008, desa sebagai badan negara berkewajiban menyampaikan informasi kepada masyarakat sebagai bentuk keterbukaan informasi publik.

Baca Juga, Pos Berita Sebelumnya: Menengok Tradisi Methil Masyarakat Desa Dero Yang Masih Lestari

Acara dilanjutkan dengan pemaparan sekaligus praktek membuat konten berita, mulai dari narasi hingga how to publish atau cara mengunggah berita ke beranda website.

Di harapkan dengan kegiatan pelatihan ini, semua operator website khususya di wilayah kecamatan Padas dan umumnya di wilayah kabupaten Ngawi bisa menyajikan berita-berita yang kedepannya bisa memajukan desa masing-masing dan bersama Diskominfo Ngawi bisa mewujudkan percepatan 213 desa di ngawi sebagai desa digital (OpenSid).