DERO.NGAWIKAB.ID – Setiap bulan Februari dan Agustus yang merupakan Bulan Vitamin A, di posyandu atau di fasilitas kesehatan dibagikan vitamin A secara gratis untuk anak balita.

Di kedua bulan ini anak bisa mendapatkan berupa suplementasi vitamin A Kapsul Biru (dosis 100.000 IU) untuk bayi umur 6-11 bulan dan Kapsul Merah (dosis 200.000 IU) untuk anak umur 12-59 bulan.

Demikian juga yang dilakukan di Desa Dero Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi, melaksanakan kegiatan posyandu pemberian vitamin A untuk terus berupaya mewujudkan generasi penerus yang sehat.

Baca Juga: PATUHI PPKM, POSYANDU MELATI DERO BAGIKAN PMT DOOR TO DOOR

Menurut Bidan Desa Dero, Wiji, pemberian vitamin A pada Balita sangat penting untuk pertumbuhan Balita, seperti dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Terlebih di musim penghujan tahun ini, yang cuaca tidak menentu, dan Balita juga tahan terhadap penyakit dan infeksi seperti campak dan diare.

“Pemberian vitamin A sangat baik bagi Balita, dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, terlebih di musim penghujan dan cuacanya tidak menentu begitu juga dapat menambah imune dari serangan penyakit lainnya,” ujarnya

Selain itu, vitamin A juga bertujuan untuk menjaga kesehatan mata dan kekebalan tubuhnya. Anak yang mendapatkan cukup vitamin A akan lebih kebal jika terkena diare, campak atau penyakit infeksi lainnya.

Salah satu balita cuci tangan sebelum kegiatan posyandu

Baca Juga, Pos Berita Sebelumnya: Bersama Koramil Bringin, Polsek Bringin Gelar Operasi Yustisi Prokes

Pihaknya juga mengimbau kepada kader Posyandu dan masyarakat untuk tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) dalam pelaksanaan vitamin A di setiap Posyandu.

“Kami mengingatkan setiap pelaksanaan pemberian vitamin A, kader Posyandu dan masyarakat tetap mematuhi Prokes Covid-19, agar selalu terhindar dari penyebaran virus Covid – 19,” pungkasnya