DERO.NGAWIKAB.ID – Kondisi darah seseorang yang terbilang baik adalah sama kondisinya di saat dia tidak hamil. Tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi.

Tensi darah yang normal di bawah 130 untuk tekanan sistolik dan di bawah 90 untuk diastolik. Ibu hamil yang saat hamil kondisi tensi darahnya di bawah normal angka ini solusinya mudah: banyak makan-makanan bergizi!

Baca Juga :

Imbangi menu makan dengan menu 4 sehat 5 sempurna. Protein dari daging merah, ikan, ayam. Lalu jangan lupa juga buah dan sayur. Lengkapi dengan susu – yang tidak wajib susu hamil- bisa juga susu kedelai.

Disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi daging putih (ikan) dan ayam. Selain karena kandungan proteinnya bagus, daging putih juga termasuk mudah didapat dengan harga terjangkau. Konsumsi ati ayam juga disarankan karena bisa menambah tensi darah.

Tapi cobalah hindari mengonsumsi daging merah terlalu banyak karena bisa berbahaya dan tinggi risiko kanker rektum. Begitu pula dengan konsumsi daging kambing karena buat sebagian orang sedikit saja dari daging ini bisa membuat tensi darah melonjak.

Dengan makanan yang bergizi dan seimbang macam ini, ibu hamil tidak memerlukan tambahan asupan vitamin dari dokter. Sebab, semua yang dibutuhkan sudah terasup sempurna.

Namun, ditekankan sekali lagi, bahwa tensi darah rendah bisa berbahaya bagi janin jika tidak ditangani dengan baik. Bayi bisa lahir kecil bahkan stunting.

Baca Juga, Pos Berita Sebelumnya:

Maka itu diperlukan makanan yang bergizi tinggi dan cek kesehatan berkala. Imbangi juga kebutuhan kalori yang akan meningkat per trimester kehamilan.

Sumber : Hai Bunda oleh Dr. dr. Suskhan Djusad, Sp.OG