DERO.NGAWIKAB.ID – Indonesia sejak dahulu terkenal sebagai gudangnya bela diri pencak silat. Ada beragam jenis pencak silat. Salah satunya yang populer yakni pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT).

Di Desa Dero sendiri, PSHT yang berpusat di jalan merak No. 10 Nambangan Kidul kota Madiun dengan Ketua Umum Pusat Kang Mas Moerdjoko ini, juga ada dan masyarakatnya 30 persen anggota sh Terate, bahkan Kades Dero Ariyadi berserta 8 perangkat desa dero adalah pengurus PSHT Ranting Bringin.

Baca Juga:

Sekretariatan PSHT Ranting Bringin

Latihan SH Terate di Rayon Dero di laksanakan setiap malam Kamis, malam Sabtu ( siswa dewasa) dan malam Minggu. Tepatnya di Sekretariatan PSHT Ranting Bringin jalan Terate Dusun Dero Kidul Desa Dero, puluhan remaja dan orang dewasa aktif berlatih. Dimulai selepas Isya sampai pukul sepuluh malam ( kalau malam kamis) dan pukul dua nan (kalau malam Minggu), para remaja ini berlatih beragam senam, jurus dan gerak pencak silat.

Ketua Ranting Bringin, Sukiman selalu setia mendampingi adik-adik dan memberikan Pitutur Luhur SH Terate
Siswa Dewasa dan Siswa Remaja Rayon Dero

Tak peduli hujan. Mereka tetap semangat berlatih. Dibawah asuhan Rokho Mas Sukiman yang merupakan Ketua PSHT Ranting Bringin berserta Suparno Pelatih Sub Rayon serta pelatih Ranting Bringin sejak tahun 2003. Pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate rayon Dero sejak tahun 1986 masih exist hingga sekarang.

“Untuk tahun ini Rayon Dero ada 27 anak dero dan 36 orang dewasa yang ikut bergabung, dan rutin ikut latihan. Bahkan terkadang bisa lebih”, tutur Suparno. Rabu (31/4) malam.

Supano Wo Thekle ( Pelatih Ranting Bringin)

Ia juga menambahkan bahwa PSHT ini meskipun dilaksanakan di dero namun terbuka untuk umum. Siapa saja bisa mengikutinya, baik putra maupun putri, tidak hanya warga dero saja.

Baca Juga Pos Berita Sebelumnya:

“Saya senang, bisa mengikuti kegiatan ini. Karena bertujuan tidak hanya untuk bela diri tetapi juga mengasah kejiwaan dan membentuk pribadi yang berbudi luhur tau benar dan salah” ungkap Melda salah seorang siswa remaja.