DERO.NGAWIKAB.ID – Polres Ngawi melaksanakan operasi yustisi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro secara serentak di enam titik. Upaya tersebut dilakukan sebagai langkah penegakan protokol kesehatan.

Selain itu, operasi yustisi juga dalam rangka pengamanan Parapatan Luhur Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) pusat Madiun 2021.

Baca Juga :

Kabag OPS Polres Ngawi Kompol Slamet Suyanto menjelaskan, operasi yustisi penyekatan dilakukan dalam upaya penegakan protokol kesehatan. Selain sebagai upaya menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban yang baik kepada masyarakat.

“Kita laksanakan operasi yustisi sebagai langkah penegakan protokol kesehatan dan pengamanan parapatan luhur PSHT di Madiun,” jelas Kompol Slamet Suyanto.

Setidak 650 personel Polres Ngawi dikerahkan untuk mendukung operasi yustisi di enam titik tersebut. Selain itu juga melibatkan sejumlah personel dari Kodim 0805 Ngawi dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) dan juga Pamter Ngawi.

Posko Pengamanan Puhti di perbatasan Ngawi – Madiun

Enam titik yang menjadi posko operasi yustisi di antaranya perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah di Mantingan, perbatasan Kabupaten Ngawi dengan Kabupaten Bojonegoro di Banyu Urip, perbatasan Kabupaten Ngawi dengan Kabupaten Madiun di Desa Puhti Kecamatan Karang Jati, perbatasan Desa Pojok dan Desa Buduk Kecamatan Kwadungan dengan Kabupaten Madiun, serta perbatasan desa Keras Wetan dengan kabupaten Magetan.

Dalam pelaksanaannya, aparat kepolisan memeriksa setiap kendaraan yang lewat, baik roda dua maupun roda empat. Tak hanya itu, aparat juga memeriksa barang bawaan para pengendara. Karena dikhawatirkan jika membawa senjata tajam, minum keras atau barang berbahaya lainnya.

“Sebagai langkah antisipasi penyebaran virus Covid-19 dan pengamanan Parluh PSHT,” tegas Kompol Slamet Suyanto.

Baca Juga :

Sementara pada Jumat (12/03/2021) siang, Kapolres Ngawi AKBP I Wayan Winaya bersama Dandim 0805 Ngawi Letkol INF Totok Prio Kismanto sempat meninjau sejumlah posko operasi yustisi. Salah satunya di di Desa Puhti Kecamatan Karang Jati.

Ditempat itu orang pertama di Polres Ngawi dan Kodim 0805 Ngawi tersebut sempat berdialog dengan sejumlah personel terkait situasi keamanan dan ketertiban.