DERO.NGAWIKAB.ID – RA Kartini, menjadi sosok perempuan luar biasa yang begitu dikagumi dan menjadi teladan hingga kini. Tekadnya untuk memperjuangkan hak perempuan terasa begitu kental, dan selalu diperingati setiap 21 April.

Di era seperti sekarang, Kartini masa kini juga terus bermunculan dan memberikan banyak motivasi bagi generasi penerus. Salah satunya seperti AKP Sunarijati, SH, satu-satunya Kapolsek wanita di jajaran Polres Ngawi. Lantas, bagaimana sosok Kartini masa kini itu?

Baca Juga :

Sosok AKP Sunarijati, SH yang kini bertugas sebagai Kapolsek Kwadungan itu harus memimpin para 25 personel yang kesemuanya pria. Kendati memimpin puluhan personel polisi pria, Perwira balok tiga dipundak itu tetap mengedepankan totalitas yang tinggi dalam menjalankan tugasnya.

“Yang penting dalam tugas harus sabar dan selalu komunikasi yang terpenting,” ujar AKP Sunarijati

Ia menceritakan tertarik masuk menjadi seorang polisi berawal pada saat kelulusan sekolah tingkat SMA tahun 1984 melihat polwan sedang bertugas. Dari situ Sunarijati tertarik masuk polwan.

Saking tertarik untuk menjadi polwan, wanita kelahiran 22 April 1965 mendaftarkan diri masuk bintara kepolisian dan diterima. Sebelum bertugas ia menceritakan sempat menjalani pendidikan yang berat di Jakarta selama sepuluh bulan.

“Rasakan mandi lumpur dan berpanas-panasan selama jalani pendidikan menjadi polwan” tuturnya dengan wajah tersenyum.

Usai jalani pendidikan bintara dan dinyatakan lulus langsung mendapat penempatan tugas di Polres Ngawi dalam beberapa tahun, kemudian pada tahun 2011 sempat mengikuti pendidikan Sarjana Alih Golongan (SAG) dan dinyatakan lulus dengan menyandang kenaikan pangkat menjadi Inspektur Dua (Ipda).

Selanjutnya mendapatkan penempatan tugas di Polres Madiun selama empat tahun. Sebelum akhirnya kembali bertugas di Polres Ngawi dan dipercaya sebagai Kapolsek Kwadungan sejak mendapat kenaikan pangkat menjadi Ajun Komisaris Polisi (AKP).

“Bersyukur mendapatkan kepercayaan tugas, terlebih menjadi Kapolsek yang kebanyakan dijabat pria” ungkapnya.

AKP Sunarijati, SH kini juga telah menjadi sosok 21 Kartini MBOIS Ngawi 2021 yang fotonya sudah dipasang di pedestarian Malioboro Ngawi jalan Tengku Umar Kartonyono.

“Alhamdulillah, berarti polwan Polres Ngawi masih dipercaya untuk menjadi perempuan teladan. Menjadilah perempuan yang handal,” tegas AKP Sunarijati.

Baca Juga, Pos Berita Sebelumnya :