DERO.NGAWIKAB.ID – Puluhan petani dari Dusun Tegal Duwur Desa Dero Kecamatan Bringin, Kamis (15/4) membersihkan saluran irigasi dengan cara bergotong-royong. Kegiatan ini dilakukan untuk kelancaran irigasi dari waduk pondok pada masa tanam ke dua tahun ini.

Pantauan dero.ngawikab, di lokasi gotong-royong, terlihat para petani tersebut membawa berbagai perlengkapan. Seperti cangkul, skop, parang dan keperluan lainnya untuk membersihkan irigasi yang sudah tersumbat.

Baca Juga:

Petani dari Desa Dero, Supriyanto(40) mengatakan pembersihan dilakukan untuk mencegah terjadinya penumpukan lumpur. Sehingga terjadi pendangkalan saluran, yang nantinya akan menghambat lancarnya aliran air menuju kawasan persawahan di daerah tersebut.

“Pembersihan irigasi ini dilakukan untuk menunjang kelancaran air irigasi di semua wilayah persawahan yang ada di Desa Dero,” kata Supriyanto.

Saluran irigasi terletak di Dusun Tegal Duwur

Dikatakannya, sejauh ini irigasi wilayah setempat belum dapat melayani areal persawahan secara keseluruhan.

“Setiap musim tanam kita wajib turun ke pintu irigasi, untuk memperbaiki saluran sekunder dan saluran primer dengan cara gotong-royong bersama kelompok tani. Kalau saluran testier, itu bisa menjadi tanggung jawab petani itu sendiri, yang penting induknya beres, anak-anak saluran itu pasti juga lancar,” ujarnya.

Kades Dero, Ariyadi menyambut baik atas yang dilakukan oleh warganya. Karena saluran irigasi sebagai penyedia bahan baku air pertanian, yang harus terus dijaga kelancarannya agar produksi sektor pertanian dapat lebih berhasil.

“Sehingga dapat mendongkrak kesejahteraan para petani, dan ketahanan pangan khususnya di Desa Dero,” kata Ariyadi.

Lebih lanjut Ariyadi menyatakan, kerja bakti seperti ini sangat baik untuk terus di lakukan karena akan turut mempererat jalinan silaturahmi antar warga.

“Dengan kerja bakti kita akan saling dekat dan dapat saling tukar pikiran. Serta bisa mempererat rasa kekeluargaan,” imbaunya.

Baca Juga Pos Berita Sebelumnya: