DERO.NGAWIKAB.ID – Percaya diri adalah suatu keyakinan pada diri sendiri bahwa dirinya mempunyai kemampuan atau potensi. Faktor yang ada dalam diri individu sangatlah penting, karena sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan hidup.

Kepercayaan pada diri sendiri dapat diamati melalui sikap percaya diri yang meliputi keberanian, hubungan sosial, tanggung jawab dan harga diri.

Akan tetapi bila seseorang yang mempunyai rasa percaya diri lebih, maka ia akan merasa yakin dengan kemampuannya sendiri, sehingga dapat dilihat dari tingginya keberanian, hubungan sosial, tanggungjawab serta harga dirinya.

Baca juga:

Pada hakekatnya manusia mempunyai rasa percaya diri, namun rasa percaya diri antara manusia satu dengan yang lainya berbeda. Ada yang memiliki rasa percaya diri kurang dan ada yang memiliki lebih, sehingga keduanya menampakan sebuah perbedaan tingkah laku, jika seseorang mempunyai rasa percaya diri kurang, maka ia akan menunjukan perilaku yang berbeda seperti orang pada umumnya, seperti tidak bisa berbuat banyak, selalu ragu dalam menjalankan tugas, tidak berani berbicara banyak, jika ia tidak mendapat dukungan, dan lain sebagainya dari kekurangan-kekurangan yang dirasakan.

Rasa percaya diri itu bisa dibangun dan dikembangkan secara positif dan obyektif sejak masih kecil.

Seseorang bisa dikatakan percaya diri ketika ia memiliki keyakinan atas kemampuanya sendiri. Namun untuk meningkatkan rasa percaya diri bukanlah kemampuan yang datang dengan sendirinya, melainkan harus dilatih. Keyakinan pada diri sendiri ini sangatlah penting untuk kesehatan mental seseorang, sebab kalau tidak percaya diri, maka akan susah meraih kesuksesan dan kebahagiaan personal maupun profesional.

Ketika seseorang percaya atas kemampuan dirinya, maka akan dengan mudah untuk melakukan sesuatu hal yang baru, dan menaruh semua energinya untuk hal tersebut.

Keterbatasan kerap kali menjadi pengekang seseorang untuk maju dan ragu mencoba hal-hal yang baru. Perasaan takut gagal karena merasa kurang mampu, diakibatkan tidak adanya rasa percaya diri, tidak berkembangnya potensi diri bukan hanya disebabkan minim kecerdasan dan kesempatan, melainkan karena Pesimisme.

Nyatanya, kepercayaan diri tidak didapat begitu saja, melainkan harus dibangun, berbekal kepercayaan diri akan memperbesar peluang untuk membuka harapan-harapan yang baru.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Diri Ada 2:

1.FAKTOR INTERNAL, Meliputi konsep diri, harga diri, kondisi fisik, pengalaman hidup.

  1. FAKTOR EKSTERNAL, Meliputi pendidikan, pekerjaan, lingkungan, dan pengalaman hidup.

Karakteristik Percaya Diri:

  1. Yakin pada diri sendiri
  2. Tidak tergantung pada orang lain
  3. Merasa berharga
  4. Memiliki keberanian untuk bertindak
  5. Selalu bersikap tenang dalam mengerjakan sesuatu
  6. Mampu menetralisasi ketegangan yg muncul pada berbagai situasi
  7. Memiliki kemampuan bersosialisasi

Baca juga :