DERO.NGAWIKAB.ID – Posyandu remaja di Desa Dero, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi Jawa Timur terus berinovasi dalam memberikan edukasi dan melayani kesehatan remaja secara menyeluruh tanpa diskriminatif.

Hadirnya Posyandu remaja bukan hanya semata mata untuk menambahi kerjaan tenaga kesehatan, karena hal ini memberikan pelayanan kesehatan dan edukasi kesehatan anak usia didik dan remaja bagian dari amanah Undang-Undang. Hadirnya Posyandu remaja untuk meningkatkan “awarness the a young old” dan masyarakat demi menjaga kesehatan remaja.

Baca Juga:

Dea Pratiwi, Ketua Posyandu remaja, mengatakan, bahwa Posyandu sebagai wadah pemeliharaan kesehatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibimbing petugas terkait,” ungkapnya.

“Untuk memeriksakan diri dan cek kesehatan secara rutinitas setiap bulannya, mengikuti program kesehatan remaja dan menghindari pergaulan bebas atau negatif,” tuturnya.

Wiji, inovator posyandu remaja menyatakan, awalnya ada program dari Dinkes Ngawi bahwa setiap puskesmas galakkan posyandu remaja. Dimana posyandu remaja dipandang sebelah mata karena yang dikenal masyarakat adalah posyandu balita dan posyandu lansia.

“Hal ini menjadi sebuah tantangan, bagaimana posyandu remaja bisa dikenal oleh masyarakat dan menjadi aktif agar menjadi contoh kepada desa lain di Kecamatan Bringin ini,” jelas Wiji, Sabtu ( 24/4).

Lebih lanjut Wiji menjelaskan posyandu remaja di Desa Dero berdiri mulai tahun 2020. Semakin hari antusias warga makin tinggi. Warga usia pra remaja dan remaja selalu datang saat posyandu digelar.

Baca Juga:

Tak hanya memeriksa kesehatan, posyandu remaja juga memberikan edukasi baik soal kesehatan secara umum, kesehatan reproduksi hingga pencegahan penyalahgunaan narkoba

“Tujuan pelaksanaan kegiatan posyandu remaja adalah melibatkan remaja dalam upaya intervensi terkait permasalahan remaja, memantau kesehatan remaja secara berkala, mengedukasi remaja untuk hidup sehat, menurunkan angka pernikahan dini, membekali remaja untuk mempersiapkan masa depannya dengan menjadi ‘Generasi Berencana’ yang kreatif dan berwawasan luas,” imbuhnya.

Baca Juga Pos Berita Sebelumnya: