DERO.NGAWIKAB.ID – Belasan peserta yang tediri atas Kepala Desa, Perangkat Desa, Tenaga Ahli, Pendamping Kecamatan juga Pendamping Desa mengikuti Sosialisasi Pendataan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa 2021, di Pendopo Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi, Rabu (07/4)).

Tenaga Ahli Tingkat Kabupaten Ngawi, Hidayatul Imam mengatakan, sosialisasi Pendataan SDGS Desa 2021 atau Pemutahiran data IDM berbasis SDGS Desa bertujuan untuk pembangunan desa.

Baca Juga:

“Sosialisasi ini untuk meningkatkan sinergitas guna percepatan Pencapaian tujuan SDGs Desa merupakan tindak lanjut implementasi dari surat Direktur Jenderal Kementerian desa nomor 1 tanggal 1 maret 2001 tentang pemutahiran data,” kata Hidayatul Imam, di depan para peserta.

Jadi kegiatan ini untuk mengenalkan ke tingkat desa bagaimana tataran pelaksanaan nanti agar pada saat pendataan tidak terjadi gejolak sosial, tapi yang lebih penting yakni data yang tersaji nanti memotret kondisi real di tingkat desa.

Baca Juga, Pos Sebelumnya:

“Ini sejalan dengan kebijakan dari konsesus internasional yang sudah disepakati. Bahwa setiap perencanaan pembangunan berbasis SDGs secara internasional, dan Kementerian Desa ini menerjemahkan SDGs desa dalam pendataan dulu di tingkat desa,” terangnya.

Ditambahkannya, dengan melibatkan unsur masyarakat dan tokoh masyarakat dengan harapan data yang tersaji nanti memang data real kondisi masyarakat di desa tersebut.