DERO.NGAWIKAB.ID – Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono menjadi salah satu pengisi acara Macapat dan Gayeng Gayengan Budaya untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional dan Kebangkitan Nasional, di Aula SMAN 1 Ngrambe, Kamis (27/05/21).

Acara yang diinisiasi SMAN 1 Ngrambe ini sebagai bentuk upaya melestarikan dan mengenalkan budaya kepada peserta didik, terutama dilingkup SMA N 1 Ngrambe.

Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono memberikan apresiasinya untuk kegiatan yang mengkolaborasikan antara digitalisasi dengan kesenian dan berharap menjadi agenda tahunan,”Teknologi informasi digabung kesenian sehingga muncul suatu kegiatan kolaborasi yang apik,” katanya.

Pengembangan intelektual menurut Ony Anwar Harsono harus disertai dengan budi pekerti luhur yang bisa diasah melalui seni budaya yang disampaikan melalui platform digital.

Sementara , Kepala SMAN 1 Ngrambe, Tjahjono Widijanto mengungkapkan bahwa akar pendidikan kita adalah budaya timur, seperti yang diajarkan Bapak pendidikan kita, Ki Hadjar Dewantara yang basic pendidikannya adalah filsafat timur atau filsafat jawa, filsafat Indonesia, “Inilah yang menjadi pemantik saya untuk melakukan kegiatan seperti ini, sekaligus mengenalkan anak didik dan gurunya. Maka di generasi muda paling tidak bisa lebih tawaduk terhadap budayanya sendiri,” terangnya.

Baca Juga, Pos Berita Sebelumnya :