DERO.NGAWIKAB.ID – Berkaca pada Ramadhan tahun lalu dimana pasca lebaran terjadi peningkatan kasus konfirmasi positif Covid-19 terjadi peningkatan, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia mengeluarkan Surat Edaran tertanggal 4 Mei 2021.

Secara garis besar, surat edaran ini memuat pelarangan kegiatan buka puasa bersama pada bulan Ramadhan dan kegiatan open house atau halal bihalal pada hari raya Idul Fitri 1442 H tahun 2021.

Dalam Surat Edaran tersebut salah satu butir petikan berbunyi melakukan pelarangan kegiatan buka bersama yang melebihi dari jumlah keluarga inti ditambah 5 (lima) orang selama Bulan Ramadhan 1442 H/Tahun 2021.

Surat Edaran ini ditujukan kepada seluruh Gubernur, Bupati, Walikota se Indonesia untuk mengambil langkah-langkah secara masif agar kejadian peningkatan kasus konfirmasi positif tidak terulang kembali.

Selain meminta Gubernur dan Kepala Daerah untuk melarang masyarakat melakukan buka bersama, Mendagri juga menginstruksikanmpara pejabat diwilayah masing-masing untuk tidak melaksanakan kegiatan halal bihalal.

Hal ini bukan untuk membatasi atau menghilangkan tradisi yang sudah berjalan selama puluhan tahun, namun karena situasi pandemi Covid-19 yang berkepanjangan inilah yang menjadikan pemerintah waspada agar tidak terjadi ledakan kasus penyebaran Covid-19.

Diharapkan masyarakat mematuhi apa yang sudah menjadi kebijakan pemerintah dalam upaya menekan angka penyebaran Covid-19.

Baca Juga, Pos Berita Sebelumnya :